Thursday, May 9, 2013

Beasiswa Tenaga Penyuluh Lapangan IKM

Posted by Info Kerja dan Beasiswa| Category:

Beasiswa Tenaga Penyuluh Lapangan IKM
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka pendaftaran program pendidikan gratis / beasiswa bagi pelajar yang berprestasi di tingkat SMA atau Sederajat. 

Peserta yang mengikuti program ini akan disekolahkan pada Unit Pendidikan di Lingkungan Kementerian Perindustrian. Demikian seperti dikutip dari laman Setkab, Jumat (26/4/2013).

Selain itu, peserta program juga akan diikutsertakan pada Program Beasiswa Calon Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) Industri Kecil Menengah (IKM) setara dengan program D-3. Serta disiapkan sebagai tenaga penyuluh lapangan sekaligus sebagai calon wirausahawan IKM dan pembina IKM.

Peserta pendidikan gratis / beasiswa akan menjalani kuliah di unit pendidikan di lingkungan Kementerian Perindustrian selama 3 tahun (6 semester), atau setara dengan Program Diploma III. Fasilitas beasiswa yang diberikan adalah sebagai berikut:

  • Bantuan Transport dari daerah yang bersangkutan ke unit pendidikan di lingkungan Kementerian Perindustrian, Pulang-Pergi, 
  • Bantuan Biaya Hidup, Biaya Kuliah/Praktek, 
  • Bantuan Buku. 
Setelah menjalani pendidikan beasiswa, alumni akan ditugaskan sebagai Tenaga Kerja Penyuluh Lapangan IKM di Kabupaten/Kota masing-masing dengan sistem kontrak selama dua tahun. Selama masa kontrak tersebut, alumni juga akan mendapatkan honorarium dan biaya operasional. 


Setelah menjalani masa kontrak, yang bersangkutan diharapkan bisa bekerja mandiri sebagai wirausaha atau sebagai tenaga konsultan IKM di daerah masing-masing, dan tidak lagi menjadi tanggungan Kementerian Perindustrian.

Informasi beasiswa ini lebih lengkap dapat dilihat di website kemenprin di sini.

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►